Oleh: dinkessemarang | Februari 6, 2009

Evaluasi Pekerjaan Pembangunan Unit Rumah Pompa Untuk Penempatan Alat Penjernih Air/Pengolah Air Minum (Water Purifier)

Di 4 (Empat) Lokasi Kelurahan Rawan Bencana Banjir Kota Semarang
Selasa, 27 Januari 200

Atas nama Menteri Kesehatan RI melalui surat dari Kepala Pusat Penanggulangan Krisis (PPK) Departemen Kesehatan RI Jakarta (Dr.Rustam Pakaya,MPH), Nomor surat: KS.01.01.1.6456, tanggal 03 November 2008, perihal Informasi Pemasangan Water Purifier, diberitahukan bahwa pengadaan peralatan (Water Purifier) dan sebagai Tim Pelaksana/Tim Teknis pemasangan hingga training pengoperasionalan dilaksanakan oleh PT.FARBA TEKNINDO yang beralamat di Jalan Raya Mangga Dua No.214 Telpon/Fax: 0921-3110872 Ternate.

Adapun lokasi Kab/Kota penerima unit alat penjernih air/Pengolah air minum (Water Purifier) untuk wilayah Provinsi Jawa Tengah ada sebanyak 11 (sebelas) Kabupaten/Kota dan untuk wilayah Kota Semarang telah memperoleh bantuan hibah alat Water Purifier sebanyak 4 (empat) unit. Jenis alat Pengolah Air Minum (Water Purifier) tersebut dalam bentuk permanen lengkap dengan unit rumah pompa berukuran 2 x 2,5 m, dimana pekerjaaan pembangunan unit rumah pompa diserahkan sepenuhnya kepada Tim Pengelola Kelurahan terpilih yang merupakan Kelurahan rawan bencana banjir, yaitu: Kelurahan Bandarharjo Kecamatan Semarang Utara, Kelurahan Mangunharjo Kecamatan Tugu, Kelurahan Tambakrejo Kecamatan Gayamsari, dan Kelurahan Trimulyo Kecamatan Genuk, dengan alokasi biaya pembangunan unit rumah pompa sebesar: Rp 7.000.000,00 (Tujuh Juta Rupiah) per unit rumah pompa.

Hasil pertemuan evaluasi terakhir yang telah diselengggarakan di Tingkat Kota Semarang pada hari Selasa, 27 Januari 2009 bertempat di Ruang Rapat Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang, Jl.Pandanaran No. 79 Semarang, telah diperoleh hasil sebagai berikut:

1. Dropping peralatan Water Purifier sebanyak 4 (empat) unit lengkap dengan Genset telah diterima oleh Dinas Kesehatan Kota Semarang melalui Tim Penanganan Bencana Alam (PBA) Dinas Kesehatan Kota Semarang pada tanggal 04 Januari 2009 dan telah dilaksanakan checking supervisi oleh Ibu Ina (utusan dari Pusat Penannggulangan Krisis Dep.Kes. RI Jakarta pada tanggal 08 Januari 2009;

Kadinkes Kota Semarang (Ibu dr.Tatik Suyarti,M.Kes) sedang menunjuk alat Penjernih Air/Pengolah Air Minum (water purifier)

Kadinkes Kota Semarang (Ibu dr.Tatik Suyarti,M.Kes) sedang menunjuk alat Penjernih Air/Pengolah Air Minum (water purifier)

2. Bantuan hibah dari Pusat Penanggulangan Krisis Dep.Kes.RI Jakarta untuk Dinas Kesehatan Kota Semarang, selain berupa 4 (empat) unit alat Pengolah Air Minum (Water Purifier), juga berupa 11 (sebelas) Emergency set dan 11 (sebelas) UGD set

3. Pekerjaan pembangunan unit rumah pompa alat Pengolah Air Minum (Water Purifier) yang telah diserahkan pengerjaannya oleh PT.FARBA TEKNINDO kepada masyarakat (Tim Pengelola Kelurahan penerima water purifier) dengan alokasi dana sebesar Rp 7.000.000,00 per unit rumah.

Rumah Pompa Kel Mangunharjo

Rumah Pompa Kel Mangunharjo

Rumah Pompa Kel Trimulyo

Rumah Pompa Kel Trimulyo

4. Hasil evaluasi Tingkat Kota Semarang, telah disepakati bersama bahwa penyelesaian 100% pengerjaan pembangunan unit rumah pompa water purifier di 4 (empat) lokasi Kelurahan rawan bencana banjir Kota Semarang pada awal bulan Pebruari 2009;

5. Diharapkan pada bulan Pebruari 2009, Tim Teknis dari PT.FARBA TEKNINDO segera melaksanakan pemasangan alat water purifier dan dilanjutkan dengan training pada Tim Pengelola di 4 (empat) lokasi Kelurahan rawan bencana banjir Kota Semarang yang menerima bantuan hibah alat water purifier, yaitu : Kelurahan Bandarharjo Kecamatan Semarang Utara, Kelurahan Mangunharjo Kecamatan Tugu, Kelurahan Tambakrejo Kecamatan Gayamsari, dan Kelurahan Trimulyo Kecamatan Genuk.

Demikian hasil pertemuan evaluasi Tingkat Kota Semarang dalam rangka pengerjaan pembangunan unit rumah pompa water purifier di 4 (empat) lokasi Kelurahan rawan bencana banjir Kota Semarang. Besar harapan kami atas nama Dinas Kesehatan Kota Semarang dan Tim Penanganan Bencana Alam (PBA) Dinas Kesehatan Kota Semarang agar bantuan unit water purifier, Emergency set dan UGD set dari Pusat Penanggulangan Krisis (PPK) Departemen Kesehatan RI Jakarta dapat dimanfaatkan dan dilaksanakan sebagaimana mestinya, dan Tim Teknis dari PT.FARBA TEKNINDO segera melaksanakan tugas dan kewenangannya dalam pelaksanaan pemasangan alat water purifier beserta training pengoperasionalan alat pengolah air minum (water purifier).

Oleh: Tuti Ekawati,S.IP,M.Kes
Sie Promkes & Infokes
Dinkes Kota Semarang


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: